Tuesday 16 June 2015

Topologi Tree



Topologi Tree



Topologi Tree atau topologi pohon adalah penggabungan daru dua Topologi sebelumnya, yaiut Topologi Bus dan Topologi Star atau Bintang.
Secara Kasat mata Topologi Ini Memang berbentuk seperti pohon yang bercabang-cabang, demikian juga topologi jaringan computer ini akan memiliki cabang yang banyak juga.

Bentuk dari TOpologi Ini Adalah Sekelompok Node yang terhubung satu sama lainnya dengan Menggunakan Topologi Star, kemudian kelompok node dalam jaringan Topologi Star Tersebut Terhubgun kekelompok jaringan yang lain dengan menggunakan topologi Bus. Topologi Model ini biasanya digunakan pada jaringan computer yang sangat luas,salah satunya adalah jaringan internet.

Kelebihan Topologi Tree

Kelebihan jenis topologi ini adalah, anda dapat mengembangkan jaringan computer untuk masing-masing kelompok. Misalnya, anda membangun jaringan untuk kelompok pembelian (purchasing),dan kelompok penjualan, dimana kedua kelompok tersebut terhubung pada jaringan lainnya yang terletak diatasnya. Jadi, kedua kelompok jaringan tadi masih bias mengakses jaringan yang diatasnya,tetapi tidak bias saling mengakses kecuali disetting lain.

Kekurangan Topologi Tree

Adapun kelemahannya adalah, apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada di bawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan dengan topologi tree ini related menjadi lambat.

No comments:

Post a Comment

Apabila tidak dimengerti atau salah dalam pengetikan mohon poskan komentar anda Terma Kasih.