Tuesday 16 June 2015

Topologi Mesh



Topologi Mesh



Topologi ini juga dinamakan dengan topologi jala atau topologi net. Topologi mesh adalah sebuah topologi jaringan computer dimana sebuah node dalam jaringan dapat berkomunikasi secara langsung dengan node lainnya. Akibatnya dalam topologi mesh dalam topologi ini setiap perankat jaringan (computer,hotspot,access point) dapat berkomunikasi dengan cara direct links.

Topologi mesh ini saat ini banak digunakan pada model jaringan nirkabel ataupun wireless. Dimana sebuah perangkat dapat digunakan untuk memperkuat sinyal dari perangkat utama, sehingga jangkauan akses jaringan nirkabel tersebut semakin luas.

Kelebihan Topologi Mesh

·         Hubungan dedicated links menjamin data langsung dikirimkan ke computer tujuan tanpa harus melalu computer lainnya sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomunikasi dengan computer yang dituju saja (tidak digunakan secara beramai-ramai/sharing).
·         Privacy dan security pada topologi mesh lebih terjamin, karena komunikasi yang terjadi antara dua computer tidak akan dapat diakses oleh computer lainnya.
·         Memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi anta computer.

Kekurangan Topologi Mesh

·         Membutuhkan banyak kabel dan port I/O. Semakin banyak computer didalam topologi mesh,diperlukan semakin banyak kabel links dan port I/O.
·         Karena setiap computer harus terkoneksi secara langsung dengan computer lainnya, instalasi dan konfigurasi menjadi lebih sulit.
·         Banyaknya kabel yang digunakan juga mengisyaratkan pelunya space yang memungkinkan didalam ruangan tempat computer-komputer tersebut berada.

No comments:

Post a Comment

Apabila tidak dimengerti atau salah dalam pengetikan mohon poskan komentar anda Terma Kasih.