Wednesday 3 April 2019

Penerapan Komputasi Modern


Komputasi
Komputasi adalah algoritma yang digunakan untuk menemukan suatu cara dalam memecahkan masalah dari sebuah data input. Data input disini adalah sebuah masukan yang berasal dari luar lingkungan sistem. Komputasi ini merupakan bagian dari ilmu komputer berpadu dengan ilmu matematika. Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan secara umum, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar terhadap bidang ilmu yang mendasari teori ini. Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.

Komputasi Modern
Komputasi Modern merupakan sebuah sistem yang akan menyelesaikan masalah matematis menggunakan komputer dengan cara menyusun algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer yang berguna untuk menyelesaikan suatu masalah.  Dalam komputasi modern terdapat perhitungan dan pencarian solusi dari masalah. Perhitungan dari komputasi modern adalah akurasi, kecepatan, problem, volume dan besar kompleksitas.

Salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi perkembangan komputasi modern adalah John von Neumann (1903-1957), Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern.Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer  yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.

Komputansi modern mempunyai karakteristik komputasi modern yang terdiri atas 3 macam, yaitu:
1.   Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
2. Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
3.  Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Jenis-jenis komputasi modern :

1. Mobile computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.

Dan berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Dan dapat dilihat contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.


2. Grid computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.

3. Cloud computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
http://belajar-pemrograman2.blogspot.com/2013/03/komputasi-modern.html


CONTOH PENGGUNAAN KOMPUTASI MODERN
Berdasarkan penjelasan mengenai komputasi modern diatas, saya disini akan membahas mengenai website tiket.com. website ini merupakan sebuah website jual beli tiket online dimana jual tiket online merupakan salah satu penerapan dari Cloud Computig . Tiket.com merupakan salah satu dari sekian banyak website atau aplikasi jual beli tiket online.
Banyak orang orang di jaman sekarang lebih memilih membeli tiket online dari pada harus ke biro jasa atau ke stasiun yang akan banyak menghabiskan waktu dengan website tiket.com ini pengguna akan dipermudahkan untuk membeli tiket pesawat, hotel, kereta api, dan sewa mobil.
Berikut ini adalah gambar dari halaman utama dari tiket.com


Disitu kita diberi pilihan ingin mencari tiket apa yang kita inginkan, disitu terdapat hotel,kereta,pesawat,event dan sewa mobil. Yang saya contohkan jika kita memilih kereta. Lalu akan diberi pilihan tanggal dan untuk berapa orang nya apa yang kita pesan.

Jika sudah kita akan memilih kereta, waktu dan harga yang kita akan pilih.

Ketika sudah memilih maka kita akan diminta memasukan data diri sesuai ktp kita.Untuk pengisian ini tidak boleh salah karena sebelum naik kereta biasanya tiket akan disamakan sesuai ktp.

Jika sudah mengisi maka kita diminta untuk trasnfer ke atm sesuai atm yang kita gunakan dan sesuai harga yang kita pilih. Kemudian kita dapat cetak bukti pemesanan di email kita dan dapat ditukarkan sebelum hari keberangkatan. untuk menjadi sebuah tiket resmi.


Komentar Pribadi :
Untuk website tiket.com hampir semua tiket ada di website ini dan website ini juga mempunyai keunggulan dari mulai tampilan yang cukup menarik dan sangat mudah untuk dipahami oleh pengguna yang baru pertama kali memakai aplikasi ini lalu pilihan untuk memesan tiket juga semua tertera dalam website ini mulai dari waktu, berapa pesanan dan dijelaskan kenapa harus membeli tiket di website tiket.com dan ini akan meyakinkan pelanggan untuk membeli di website tiket.com lalu website ini akan membantu para traveler  untuk mengecek harga tiket pesawat dan hotel dan tidak akan takut lagi kehabisan tiket dan tidak perlu mengantri dan akan menghemat waktu dan biaya pastinya dan masukan dari saya akan lebih bagus lagi kalau ada sistem tabungan untuk pelanggan yang akan berguna nanti untuk masa lebaran dan itu akan membantu pelanggan agar bisa lebih mengatur keuangannya, hanya saja pada bagian entertainment disini agak sedikit membingungkan karna ketika saya coba untuk mencari dufan tidak muncul untuk pilihan dufan dan semoga untuk kedepannya bisa melengkapi semua tiket yang ada.

Kelebihan website tiket.com
User / pelanggan dapat memesan tiket apapun pada web ini tanpa harus datang ke tempatnya langsung. Sistem layanan ini telah mengandung unsur-unsur yang merupakan komptasi modern. Proses pelayanan dikerjakan oleh tenaga komputer. Dan yang paling utama adalah dengan adanya ini kita dapat memesan apapun dimana saja selama terhubung dengan internet dan interface untuk website ini juga sangat menarik. Sistem pembayaran yang sudah mudah karena banyak bang yang sudah berkerjasama di tiket.com lalu ada sistem cicil yang sudah di sponsori oleh banyak bank dan akan memudahkan pengguna untuk sistem pembayaran.

Kelemahan website tiket.com

Untuk kekurangannya mungkin hampir tidak ada kekurangan yang berati hanya saja pada pilihan kereta tidak ditampilkannya gambar kereta dan kursi karna itu akan membantu pengguna dan akan lebih menarik. Pada bagian entairtement mungkin harus di perbaiki interface bagi pengguna yang kurang paham itu akan kesulitan untuk mencari tiket hiburan karna tidak ada pilihan dari website ini hanya disediakan cari maka dari itu alangkah baiknya ini diperbagus lagi.

No comments:

Post a Comment

Apabila tidak dimengerti atau salah dalam pengetikan mohon poskan komentar anda Terma Kasih.