Wednesday 4 May 2016

Pengertian Cinta Tanah Air

Pengertian Cinta Tanah Air Adalah Rela Berkorban

Meski pengertian cinta tanah air adalah sering disampaikan di sekolah, namun seringkali tidak membekas ketika seseorang telah menjadi bagian dari masyarakat. Bahkan cinta tanah air kini hanya sekedar slogan atau kata-kata tidak bermakna yang tidak lagi ada dalam benak dan hati masing-masing individu. Definisi cinta tanah air pada dasarnya adalah rasa cinta yang disertai rela berkorban untuk tanah air. Cinta dan rela berkorban ini tidak bisa dipisahkan karena wujud cinta yang sebenarnya adalah rela berkorban. Sayangnya tidak banyak individu yang rela berkorban demi negaranya sekarang ini bila mengingat semakin rendahnya kepedulian negara dalam memenuhi kebutuhan hidup rakyatnya.

Wujud nasionalisme kebangsaan

Kecintaan terhadap tanah air ini diwujudkan dalam bentuk keinginan rela berkorban untuk tanah air. dan rela berkorban inilah yang melahirkan nasionalisme kebangsaan yang sekarang ini kembali didengungkan untuk para generasi muda. Wujud nasionalisme kebangsaan ini sendiri tentunya tida jauh-jauh dari sikap yang menunjukkan kecintaan seseorang kepada tanah airnya. Salah satu hal yang seringkali dipuji sebagai wujud nasionalisme kebangsaan yang kuat adalah saat Anda mampu berprestasi dikancah dunia internasional.
Generasi muda yang saat ini sedang digalakkan berprestasi di dunia internasional adalah bibit muda yang berkarya dalam ajang olimpiade internasional. Namun beberapa orang dengan prestasi luar biasa di negara sendiri seperti penerima penghargaan kalpataru hingga inovator-inovator ulung adalah seorang nasionalis sejati. Pemikiran dan kepandaiannya digunakan untuk kepentingan bangsa dan negara adalah seorang nasionalis sejati.

Nasionalisme yang keliru

Wujud cinta tanah air yang diwujudkan dalam nasionalisme kebangsaan bisa berakhir kesalahan. Nasionalisme kebangsaan yang diwujudkan secara keliru tidak lagi memberikan manfaat bagi negara melainkan mendatangkan keburukan bagi negara. Salah satu contoh nasionalisme yang keliru dapat Anda lihat pada seseorang yang memiliki nasionalisme fanatik sehingga menganggap hanya seseorang yang berasal dari negaranya yang paling baik dan suci. Nasionalisme keliru seperti ini bisa berujung pada pembunuhan seperti yang sering dilakukan warga Amerika Serikat kepada para muslim non Amerika. Tumbuhkan dan wujudkan nasionalisme yang benar sehingga wujud cinta tanah air Anda tidak berakhir sia-sia.

No comments:

Post a Comment

Apabila tidak dimengerti atau salah dalam pengetikan mohon poskan komentar anda Terma Kasih.