Saturday 6 June 2015

Router, Bridge, dan Firewall

Hallo Hari ini Saya mau share sedikit ilmu nih tentang router, bridge, dan firewall semoga bermanfaat bagi teman-teman, Saya jadi ngomong mulu nih langsung ajah cekidot. hahaha

Pengertian Router, Bridge, dan Firewall


  • Router

Nah Penjelasannya Router Adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengatur rute sinyal atau data yang ada dijaringan komputer sehingga dapat diarahkan menuju ke rute tertentu yang telah diatur sebelumnya dan menghasilkan suatu hubungan antar jaringan komputer itu sendiri.

Nah ini contoh model dari Cisco Router


Kalo ini Bentuk dari RouterBoard yang digunakan Mikrotik

Seperti Anda telah ketahui,internet terbentuk dari jaringan-jaringan komputer didunia ini yang jumlahnya miliaran. Dari setiap jaringan-jaringan komputer dapat terhubung antara satu dan lainnya dengan berkat adanya perangkat router ini, sehingga Anda saat ini dapat mengakses Facebook,Twitter,mencari informasi dengan Google,dan lain sebagainya. Dengan Demikian, Rouer ini adalah salah satu tulang punggung terbebtuknya jaringan internet saat ini.


Modem sekaligus Router Speedy

Salah satu bentuk Router sederhana anda modem speedy yang digunakan untuk mengakses internet dirumah, dimana dari satu modem tersebut lebih dari satu komputer,laptop , atau perangkat gadger lainnya dapat mengakses internet. Disebut sederhana Karena fitur yang dipasang dalam modem speedy tersebut masih merupakan fungsi dasar, yaitu fitur untuk menyelubungkan (Masking) alamat protokol internet (IP) lokal dengan alamat Protokol Internet(IP) global atau publik, sehingga oleh jaringan komputer publik (internet) dapat berkomunikasi dua arah dengan jaringan lokal yang ada di belakang modem speedy ini.

Secara umum router dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
- Static Router (Penghala Statis)
- Dinamic ROuter (Penghala Dinamk)

Static Router (Penghala Statis) merupakan sebuah perangkat router yang memiliki tabel routing statis yang diatur oleh administrator jaringan (Network Administrator) secara manual. Router jenis ini tidak dapat
dengan mudah dipindah-pindahkan, karena setiap pemindahannya membutuhkan penyesuaian settingan tabel routing kembali.

Sedangkan Dinamic Router (Penghala Dinamik) adalah sebuah perangkat router yang memiliki dan membuat tabel routing secara dinamis, dimana pada router jenis ini terdapat sensor untuk menyesuaikan tabel routing dengan cara mendengarkan lalu lintas data dijaringan dan berhubungan dengan perangakat router lainnya. Pada Router ini campur tangan administrator jaringan tidak seintensif seperti jenis router static.


  • Perbedaan Router dan Bridge


Untuk menghubungkan sebuah jaringan komputer satu dengan jaringan komputer lainnya sebenarnya ada sebuah alat lain selain router, alat tersebut disebut dengan Bridge.
Jika dilihat cara kerja Router ini memang sekila mirip dengan cara kerja bridge, tetapi jika melihat secara teknis akan terlihat pernedaan yang sangat mendasar antara router dan Bridge.
Dimana router bekerja pada lapisan ke 3 OSI dan menggunakan skema pengalamtan berdasarkan alamat protokol internet(IP)
sedangkan Bridge bekerja pada lapisan ke 2 OSI dan Menggunakan skema pengalamatan berdasarkan alamat identitas perangkat keras (MAC Address)

Bridge sebaiknya digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian jaringan yang menjalankan protokol yang sama. bridge juga dapat digunakan pada saat dalam jaringan terdapat protokol-protokol yang tidak dapat melakikan routing seperti protokol NetBEUI misalnya.

Sedangkan Router sebaliknya digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer yang memiliki bagian-bagian yang berbeda. Secara umum , router lebih cerdas dibandingkan dengan Bridge, dab router juga dapat meningkatkan bandwidth dalam jaringan dimana tempat router tersebut berada, mengingat Router tidak meneruskan paket Broadcast Kejaringan yang dituju.


  • Firewall (Tembok Api)


Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang bertugas untuk mengatur lalulintas jaringan komputer yang dianggap aman untuk melewatinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman untuk melewatinya.

Salah satu produk Firewall

umumnya firewall diletakkan didalam sebuah gateway atau router yang menjembatani sebuah jaringan dengan jaringan lainnya. fiewall digunakan untuk mengontrol hak akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan internal dari pihak luar.
Saat Ini,istilah firewall menjadi istilah lazim yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda. Mengingat saat ini penggunaan koneksi internet yang sudah broadband , mauun lease line, yang langsung beruneteraksi langsung ke jaringan internet,maka firewall ini mutlak diperlukan untuk memproteksi data-data digital anda dari para penjahat jaringan(Cracker), Spyware dan Pencuri data lainnya.

Letak Firewall Pada Jaringan

Secara Umum Firewall ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu:
-Personal Firewall
-Network Firewall

Personal Firewall adalah sebuah program yang digunakan untuk melindungi personal komputer dijaringan dari akses yang tidak diinginkan.
Firewall jenis ini biasanya sudah terbundel ke dalam program anti virus komersial yang anda gunakan hampir semua anti virus yang berbayar sudah mengikut sertakan fungsi firewall kedalamannya.

Sedangkan Network Firewall adalah sebuah program atau alat yang digunakan untuk melindungi sebuah jaringan komputer lokal dari akses yang tidak diinginkan. Metwork Firewall ini bentuknya dapat Berupa Perangkat Lunak (software) ataupun perangkat keras(hardware).

Pegel ini hehehe gapapa buat ngeshare ilmu mah, yaudah Sampe disini dulu pembahasan Router , Bridge dan Firewall kalo ada yang salah atau tidak mengerti dalam penulisan ini tolong langsung di comment dibawah, Jangan LUPA Share ya Terima kasih sudah mengunjungi blog saya semoga bermanfaat sampai bertemu di postingan selanjutnya.

No comments:

Post a Comment

Apabila tidak dimengerti atau salah dalam pengetikan mohon poskan komentar anda Terma Kasih.